Selasa, 01 Maret 2022

Polrestabes Semarang Adakan Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Sandi "Keselamatan Lalu Lintas Candi-2022"

SHARE

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar saat memimpin apel gelar pasukan di lapangan Mapolrestabes Semarang, Selasa (1/3/2022)
Foto: Humas Polrestabes Semarang

Sindikasi Media, Semarang Kota - Bertempat di Lapangan Apel Mapolrestabes Semarang, jajaran Polrestabes Semarang mengadakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan Sandi "Keselamatan Lalu Lintas Candi-2022". 

Apel gelar pasukan operasi kewilayahan tersebut dipimpin oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, S.H., S.I.K., M.Hum dan selaku Komandan Apel AKP. Rony Hidayat, S.H. yang juga menjabat sebagai Kanitturjawali Satlantas Polrestabes Semarang.

Dalam keterangan tertulisnya, Kapolrestabes Semarang melalui Kasihumas Polrestabes Semarang, Kompol Faizal Lisa, kegiatan tersebut mendasarkan pada UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Merujuk pada Surat Telegram Kapolda Jateng Nomor: STR/144/II/OPS.1.3/2022 Tangal 18 Februari 2022 tentang Rencana Garis Besar Penyelenggaraan Operasi Kepolisian Kewilayahan Dengan Sandi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022," demikian dikatakan Faizal Lisa.

Dalam pernyataan tertulis yang diterbitkan hari ini, Selasa, 1 Maret 2022 ini juga menyebutkan dasar lainnya yaitu Surat Telegram Kapolrestabes Semarang Nomor: STR/43/II/OPS.1.2.4/2021 tanggal 24 Februari 2022 tentang Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Kepolisian Kewilayahan Dengan Sandi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 dan Surat Perintah Kapolrestabes Semarang Nomor: Sprin/347/II/OPS.1.3/2021 tanggal 24 Februari 2022 tentang pelaksanaan Operasi Kewilayahan dengan sandi Keselamatan Lalu Lintas Candi – 2022” di Wilayah Hukum Polrestabes Semarang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kapolrestabes Semarang, Sekretaris Daerah Kota Semarang, Dandim 0733/Kota Semarang, Dandenpom IV/5 Semarang dan PJU Polrestabes Semarang serta para Kapolsek Jajaran Polrestabes Semarang.


Apel gelar pasukan tersebut, lanjut Faizal, diikuti oleh personel pasukan dari Denpom Kota Semarang sejumlah satu peleton ditambah gabungan Kanitlantas, Kanitbinmas dan Kanitsamapta Polsek Jajaran Polrestabes Semarang, gabungan Satsamapta Polrestabes Semarang, gabungan Satlantas Polrestabes Semarang dan gabungan Satreskrim, Satresnarkoba dan Satintelkam Polrestabes Semarang masing-masing satu kompi.


"Termasuk juga Pleton Gabungan Dishub dan Satpol PP Kota Semarang sebanyak satu peleton," imbuhnya.

Dalam apel tersebut, Kapolrestabes Semarang membacakan amanat Kapolda Jateng yang menyampaikan bahwa tema Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi-2022 ini adalah "Melalui Operasi Keselamatan 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Guna Terciptanya Sitkamaseltibcarlantas Yang Kondusif Dalam Upaya Memutus Rantai Penyebaran COVID- 19".

"Permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya," pesan Kapolda Jateng melalui Kapolrestabes Semarang. 

Perkembangan transportasi, lanjutnya, juga telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone).


Disampaikan juga bahawa modernisasi tersebut perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

"Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2022,"imbuhnya. 

Kapolrestabes Semarang juga menyampaikan amanat Kapolda Jateng, "Ini merupakan operasi cipta kondisi kamseltibcarlantas pada masa pandemi Covid-19, dengan mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2022 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 Maret 2022, secara serentak di seluruh Indonesia. Diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid- 19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta dapat meminimalisir fatalitalitas kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia. 

Kapolda Jateng, sebagaimana yang disampaikan Kombes Pol Irwan Anwar juga berpesan agar senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas dan mengutamakan keselamatan dan bisa menjadi contoh serta mempedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas.

"Hindari pungli dan tindakan yang menjadi trigger Ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri. Hindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogan sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan oleh masyarakat," imbuhnya.

Mengutip amanat Kapolda Jateng, Irwan berpesan, "Lakukan tugas operasi "Keselamatan Lalu Lintas Candi-2022" dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. profesional dengan persuasif, humanis sehingga tidak menimbulkan komplain dari masyarakat".

Amanat Kapolda Jateng tersebut diakhiri dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dan ucapan selamat menjalankan tugas. (PTJ/Sindikasi Media)

SHARE

Author: verified_user

0 comments: