Jumat, 04 Februari 2022

PT KAI Daop 4 Catatkan Penumpang Naik 8,6 Persen Pada Libur Imlek

SHARE

 

Cara khusus dilakukan manajemen PT KAI Daop 4 untuk melepas perjalanan kereta api pada perayaan tahun baru Imlek.Foto: Sindikasi Media/Daop 4 Semarang

Sindikasi Media, Semarang – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mencatat rata-rata tiket di wilayah Daop 4 Semarang yang terjual pada masa libur Tahun Baru Imlek mengalami kenaikan.

Kenaikan pembelian tiket kereta, terjadi pada masa libur Imlek yakni 28 Januari hingga 1 Februari 2022. Kenaikan sebanyak 34.037 tiket KA Jarak Jauh.

Manager Humasda, KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro menjelaskan, jumlah pembelian tiket kereta tersebut mencatatkan terjadi peningkatan 8,6 persen dibanding rata-rata pekan sebelumnya yaitu 21 hingga 25 Januari 2022 sebanyak 31.340 pelanggan KA Jarak Jauh.

Jumlah tiket yang terjual tersebut masih dapat terus bergerak dikarenakan penjualan tiket masih berlangsung hingga saat ini.

Dalam menyambut libur Tahun Baru Imlek 2022 ini, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Adapun upaya yang telah dilakukan, diantaranya memasang tanda untuk physical distancing di kursi tunggu dan lokasi antrean, menyediakan hand sanitizer atau wastafel portabel di titik-titik strategis, serta pemindai suhu tubuh.

Adapun rute favorit dalam perjalanan KA pada libur Tahun Baru Imlek 2022 ini adalah dari Semarang menuju Jakarta dan dari Semarang menuju Surabaya.

KAI mengingatkan agar seluruh pelanggan KA Jarak Jauh menunjukkan dokumen hasil negatif tes Covid-19 yang masih berlaku yaitu RT-PCR H-3 atau Rapid Test Antigen H-1 sebelum keberangkatan.

"Jika tidak dapat menunjukkan dokumen tersebut maka pelanggan dapat mengajukan pembatalan tiket dengan bea administrasi sebesar 25 persen. Ketentuan ini berlaku mulai 27 Januari 2022," tutupnya.

Sementara itu, saat perayaan Tahun Baru Imlek atraksi Barongsai juga disuguhkan untuk menghibur pelanggan yang naik kereta dari Stasiun Semarang Tawang.

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek tanggal 1 Februari 2022, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang memberi warna lain dengan menggelar atraksi Barongsai di Stasiun Semarang Tawang.

Hiburan berlangsung selama 60 menit yang dimulai pukul 14.00 WIB dengan menunjukkan atraksi tarian tradisional masyarakat Tiongkok dengan menggunakan kostum berupa sarung yang berbentuk menyerupai singa.

Selain atraksi barongsai, petugas yang mengenakan baju tradisional cheongsam dan changshan juga hadir menyapa para pelanggan KA di Stasiun Semarang Tawang.

Para pelanggan KA juga akan diberikan paket goodiebag menarik menyambut tahun baru imlek.

“Sebanyak ratusan goodiebag yang berisikan coklat koin ini akan dibagikan langsung oleh cheongsam dan changshan di Stasiun Semarang Tawang,” ungkap Manager Humasda KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro.(FWP/Sindikasi Media)

SHARE

Author: verified_user

0 comments: